Selasa, 26 Juli 2011

PENGORBANAN & PERJUANGAN


PENGORBANAN & PERJUANGAN
Sedikit orang yang bisa melakukan pekerjaan yang besar, tetapi lakukanlah pekerjaan kecil dengan cinta yang besar (Bunda Teresa dari Calcuta)
Tidak ada seorang pun menjadi hebat ketika memulai salah satu pekerjaan, tetapi mulailah setiap pekerjaan untuk bisa menjadi hebet dan berhasil
Sebagai salah satu profil kaum muda yang sarat dengan perjuangan saya kisahkan seorang wanita muda dengan empat anak yang harus bergelut mencari nafkah sendiri, sebab suaminya telah meninggal beberapa tahun yang lalu. Dia memenuhi kebutuhan kesehariannya dengan berjualan makanan matang di depan rumahnya. Kerja keras menjadi pengalaman setiap hari anak anaknya. Waktu terus berjalan membawa satu per satu anak anaknya kepada kehidupan baru. Tiga anaknya menjadi guru SMA, seorang lagi bekerja di sebuah bank swasta. Memang tampaknya menjadi guru, tetapi bagaimana ibu yang hanya berjualan rujak, pecel, dan panganan lain ini bisa mengentaskan ke empat anaknya jauh melampaui dirinya. Sebuah kebehasilan besar bagi keluarga ini. Dan anak anaknya sangat bangga memiliki ibu yang begitu gigih dan tulus dalam perjuangannya.
Keikhlasan hati si ibu itu didasari cinta yang mendalam kepada anak anaknya. Itulah yang membuat si ibu mampu bertahan di tengah kesulitan ekonomi dan berbagai tantangan. Bahkan sampai akhir hayat ibu ini tetap teguh pada pendirian tidak mau menikah lagi meskipun pernah ada seorang laki lakiyang ingin menjadi suaminya. Tetapi dia berfikir ….”Biarlahhanya satu ayah bagi anak anakku, aku tidak boleh egois, tidak merusak kenangan indah kebersamaan dengan ayahnya.”
Suatu pengorbanan, apapun bentuknya pasti dilandasi oleh cinta yang besar.Di dalam ketulusan cinta hanya ada keikhlasan unyuk membiarkan orang orang yang di cintai menjadi dirinya sendiri, tidak ingin menguasai atau memiliki sepenuhnya. Setiap orang adalah pelaku cinta yang memiliki keunikan. Dan setiap pribadi berbeda pula dalam mengekspresikan perasaan cintanya kepada orang lain.
Pekerjaan kecil yang didasari cinta yang besar, ibarat sebuah pohon kecil yang terus menerus dipupuk dan disiram. Pohon itu akan bertumbuh subur dan kian besar sehingga bisa member keteduhan dan tempat hinggapbagi banyak unggas. Memang, idealnya sekecil apapun pekerjaan kita semestinya diwarnai dengan perjuangan yang sungguh sungguh.
Kemauan dan kemampuan untuk berjuang berarti memanfaatkan hari ini sebaik mungkin. Kisah perjuangan ibu muda mengentaskan ke empat anaknya, menjadi pelajaran berharga bagi kita. Seandainya ibu muda itu hanya meratapi nasibnya pasti dia tidak bisa berbuat sesuatu bagi anak anaknya hari demi hari. Dalam hidup ini, hanya ada tiga hari yakni hari kemarin, hari ini, dan hari esok. Sebuah pesan berikut ini mungkin bisa membantu kita memandang hari demi hari pada hidup kita.
HANYA TIGA HARI……..
Hanya ada tiga hari dalam hidup ini…
 Yang pertama: HARI KEMARIN
Anda yang tak bisa mengubah apa pun yang telah terjadi.
Anda tak bisa menarik perkataan yang telah terucapkan.
Anda tak mungkin lagi menghapus kesalahan;
dan mengulangi kegembiraan yang anda rasakan kemarin.
Biarkan hari kemarin lewat; lepaskan saja…
Yang kedua: HARI ESOK
Hingga mentari esok hari terbit,
Anda tak tahu apa yang akan terjadi.
Anda tak bisa melakukan apa-apa esok hari.
Anda tak mungkin sedih atau ceria di esok hari.
Esok hari belum tiba; biarkan saja…
Yang tersisa kini hanyalah: HARI INI
Pintu masa lalu telah tertutup;
Pintu masa depan pun belum tiba.
Pusatkan saja diri Anda untuk hari ini.
Anda dapat mengerjakan lebih banyak hal hari ini.
bila Anda mampu memaafkan hari kemarin dan melepaskan ketakutan akan esok hari.

Hiduplah hari ini. Karena, masa lalu dan masa depan.
hanyalah permainan pikiran yang rumit.
Hiduplah apa adanya.
Karena yang ada hanyalah hari; hari ini yang abadi.
Perlakukan setiap orang dengan kebaikan hati dan rasa hormat, meski merka berlaku buruk pada Anda.
Cintailah seseorang dengan sepenuh hati hari ini,
karena mungkin besok cerita sudah berganti.
Ingatlah bahwa Anda menunjukkan penghargaan pada
orang lain bukan karena siapa mereka, tetapi karena siapakah diri Anda sendiri.
Jadi teman, jangan biarkan masa lalu mengekangmu atau masa depan membuatmu bingung, lakukan yang terbaik untuk hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar